Tips Memilih Tabungan dengan Bijak

Penggalan lagu dari Titiek Puspa inibegitu terngiang untuk generasi yang lahirsebelum tahun 2000an. Lagu ini jugamenjadi trade mark untuk semua gerakan menabung yang dicanangkan oleh seluruh lembaga keuangan. Namun di sisi lain, banyak edukasi tentang menabung yang belum memberikan cara bijak untuk memilih tabungan.

Tabungan merupakan salah satuproduk yang dikeluarkan lembaga Keuangan sebagai sarana penyimpanan dana masyarakat. Tabungan tentunya memiliki fitur bunga dan biaya sebagaiimbal jasa atas keamanan dan kenyamananbertransaksi.Untuk anda uang bingung memilih produk Tabungan, dapat memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Perhatikan tujuan anda menabung, apakah untuk simpanan sewaktu- waktu, untuk bertransaksi atau untuk tujuan tertentu seperti wisata atau haji. Tujuan menabung ini akan menentukan produk tabungan yangakan diambil.
  2. Tentukan berapa lama dan seberapa sering anda akan menabung, apakah bulanan, harian atau hanya jika ada dana yang idle. Jika anda ingin setoran yang bersifat rutin maka dapat memilih tabungan rencana. Jika anda menabung hanya untuk dana idle, pilih tabungan yang memberikan benefit yang baikseperti bunga atau hadiah menarik.
  3. Pilihlah Produk Tabungan dari Lembaga Keuangan yang memiliki reputasi yang baik. Perhatikan rasio-rasio keuangan lembaga Keuangan tersebut seperti CAR(Capital Adequacy Ratio), LDR (Loan to Deposit Ratio) dan rasio keuangan yang menunjukkan likuiditas. Hal ini penting untuk menjaga keamanan uang anda di bank.
  4. Pastikan lembaga keuangan tersebut dijamin oleh Lembaga PenjaminSimpanan (LPS).
  5. Perhatikan promo-promo jangka pendek yang dikeluarkan oleh Lembaga Keuangan agar tabungan anda benar-benar memberikankeuntungan.

Semoga tips ini bermanfaat danmemberikan inspirasi bagi anda dalammemilih produk tabungan dengan bijak.

Selamat Menabung (HRW).